Kartini Media
Pagelaran koleksi terbaru Elzatta Hijab pada IN2MF 2023 . Foto: Dok. Elzatta

Elzatta Rilis Koleksi Hijab, Dilukis Anak Berkebutuhan Khusus

Dunia fashion hijab Tanah Air mengalami perkembangan signifikan beberapa dekade terakhir. Transformasi hijab menjadi gaya hidup, membuat hijab tidak sekadar berfungsi menutup aurat tapi juga mewakili kepribadian pemakainya.

Perkembangan fashion hijab juga dialami Elzatta hijab. Terkini, Elzatta hijab memakai karya anak berkebutuhan khusus (ABK).

Elzatta hijab merilis koleksi terbaru bertema bunga Nusantara. Dari 10 bunga Nusantara menjadi motif scarf dan busana muslim produk Elzatta, dua di antaranya adalah karya Izzati, anak berkebutuhan khusus (ABK) Indonesia yang tinggal di Doha, Qatar.

Hijab Elzatta yang dilukis anak berkebutuhan khusus, Izzati. Foto: Instagram

Ia dipercaya melukis bunga senduduk (Melastoma malabathricum) dan krisan (Chrysanthemum).

Semua karya tersebut dipamerkan di ajang IN2MF (Indonesia International Modest Fashion Festival) di Jakarta Convention Center pada Minggu malam (29/10/2023).

"Dia anak yang luar biasa dengan bakat mengagumkan. Hal ini sejalan dengan misi kami untuk senantiasa mengapresiasi perempuan-perempuan inspiratif dan menjalin kolaborasi. Apalagi ibunda Izzati adalah loyal consumer kami," tutur Vice President Brand Elzatta, Tika Mulya dikutip dari Wolipop, Kamis (2/11/2023).

Mendatang, Tika Mulya tidak hanya berkolaborasi dengan Izzati tapi juga dengan anak-anak berkebutuhan khusus lain yang memiliki karya berkualitas dan layak ditampilkan.

Elzatta dan komunitas autis di Tanah Air akan menggelar kampanye bersama membangun kesadaran masyarakat untuk menerima kehadiran mereka.

"Kami ingin membuktikan bahwa anak-anak berkebutuhan khusus punya peluang yang sama untuk masuk di industri fashion dalam hal ini busana muslim dan mungkin industri lainnya," kata Tika.

Selain dua bunga karya Izzati, Elzatta menampilkan bunga Edelweiss, Begonia, Anggrek Hitam, dan Azalea. Semua itu dikemas dalam tema 'Kanara Pesona Bunga Nusantara'.

Sebagai informasi, Izzati merupakan anak kembar dari pasangan Lita dan Ridwan Hassan, duta besar RI untuk Qatar. Bila Izzati punya passion kuat di dunia melukis, kembarannya Izzata lebih berbakat dalam masak-memasak. Keduanya lahir di Tokyo, 28 Desember 2000. Setelah lulus SMP, Izzata dan Izzati memutuskan mengenakan hijab.

Kembali ke Tanah Air, saat usia 3 tahun atau akhir 2003, Izzati dan Izzata didiagnosis autisme ringan.

"Dokter mendiagnosis Izzata dan Izzati dengan Autism Ringan. Pada periode yang sama, saya juga didiagnosis menderita kanker tiroid," kata Lita dikutip dari DetikHealth, Kamis (2/11/2023).

Lita menjalani tiga kali pengobatan kanker tiroid pada tahun 2004, 2010, dan 2012, dan dinyatakan sembuh.

Pada usia 4 tahun, Izzati menunjukkan perkembangan positif dalam seni. Saat suaminya mendapat tugas di Amerika Serikat. Di AS, Izzati belajar seni dan desain, sementara Izzata mengejar keahlian memasak. Mereka tumbuh menjadi individu berbakat.

Sejak November 2020, keluarga Lita tinggal di Doha, tempat suaminya bertugas sebagai Dubes RI untuk Qatar. Izzati mengikuti program akademik dan berkolaborasi dalam seni, termasuk pameran di Dubai. 

Lita kembali ke Jakarta mewakili Izzati, menjadi inspirasi bagi motif scarf dan busana muslimah di Elzatta.(*)

Artikel Terkait