Kartini Media
Komunitas Rahasia Gadis. Foto: Instagram

Komunitas Rahasia Gadis, Pemberdayaan Perempuan Muda Berempati, Self Love, dan Apresiasi Keberagaman

Berawal dari akun Instagram Rahasia Gadis, @rahasiagadis berkembang menjadi komunitas yang mendukung perempuan muda Indonesia.

Kala memperingati Hari Perempuan Sedunia, 8 Maret 2022, Rahasia Gadis meluncurkan kampanye bertajuk #KamuBerharga.

Kampanye #KamuBerharga

Sebuah kampanye yang diinisiasi Rahasia Gadis sebagai dukungan bagi perempuan, khususnya mereka menjadi korban kekerasan dalam berbagai bentuk.

Gadis-gadis Indonesia mengunggah foto mereka di media sosial dengan tulisan #KamuBerharga. Beberapa figur publik perempuan ternama juga ikut serta, seperti Najwa Shihab, Cinta Laura, Luna Maya, Greysia Polii, Nagita Slavina dan banyak lagi.

Setiap orang mengikuti foto challenge, Rahasia Gadis akan mendonasikan Rp10 ribu ke Yayasan Indonesia untuk Kemanusiaan dalam Program Pundi Perempuan.

Puncak acara berupa live streaming disiarkan melalui Instagram dan YouTube berlangsung 20 April 2022. Di acara tersebut, Rahasia Gadis mengundang sejumlah narasumber mengedukasi perempuan Indonesia mengenali hak dan kekuatan, sekaligus melawan kekerasan.

Komunitas Rahasia Gadis berharap kampanye tidak hanya berhenti di photo challenge. Tetapi seluruh perempuan Indonesia bisa mengubah mindset mereka dan percaya bahwa mereka berharga.

Gandeng RANS Entertainment

Memperingati Hari Perempuan Sedunia tahun ini, pada Maret 2023, komunitas perempuan terbesar di Indonesia, Rahasia Gadis berkolaborasi dengan RANS Entertainment menggelar festival untuk perempuan bertajuk The Girl Fest pada 3–5 Maret 2023 di Central Park Mall, Jakarta Barat.

Dalam The Girl Fest, pengunjung bisa menikmati berbagai macam aktivitas, seperti Beauty & Fashion Bazaar, JAJARANS Food Bazaar, Picnic & Interactive Area, Talkshow, Karaoke Session & Live Music Performance di Main Stage.

“Biar kita cewek-cewek bisa girl time bareng. Buat jadi tempat kita kumpul-kumpul dan seru-seruan juga! Sekaligus bisa tuker inspirasi dan opini bareng-bareng. Pokoknya The Girl Fest ini ada untuk kita bisa bonding bareng sesama cewek! It's girl time!” kata Nagita Slavina, selaku Founder RANS Entertainment ketika ditanya mengenai tujuan dari diadakannya The Girl Fest, dikutip dari medcom.id.

Selain Nagita Slavina, sejumlah selebritis Tanah Air ikut tampil di acara The Girl Fest mulai dari Tiara Andini, Christie, Yotari Kezia, Isyana Sarasvati, Maudy Ayunda, Chelsea Islan, Luna Maya, Raisa, dan Jessica Milla. Mereka ambil bagian di panggung utama.

Dari acara ini, Rahasia Gadis berharap bisa mengajak banyak bisnis dimiliki atau dipimpin oleh perempuan.

Perjalanan Komunitas Rahasia Gadis

Rahasia Gadis merupakan komunitas pemberdayaan perempuan muda memiliki empati, mempraktikkan self love, dan mengapresiasi keberagaman.

Awal perjalanan Rahasia Gadis tahun 2014 lewat akun Instagram @rahasiagadis berbagi tips ringan seputar kebutuhan perempuan. Para perempuan muda hampir setiap hari menceritakan permasalahannya lewat “Confession Room”.

Sebagai informasi, Confession Room merupakan tempat curhat para perempuan mencurahkan cerita dan masalah mereka dalam platform online.

Dalam Confession Room tersebut, Rahasia Gadis bekerja sama dengan psikolog Universitas Indonesia (UI) menjawab pertanyaan seputar psikologi dan menyediakan konseling gratis bagi membutuhkan bantuan profesional.

“Rahasia gadis awalnya hanya sekedar akun Instagram untuk sharing tips seputar kecantikan saja, tetapi setelah adanya confession room dan kami menerima banyak cerita tentang permasalahan perempuan, kami merasa memiliki kapabilitas untuk berkembang dan bertransformasi menjadi sebuah komunitas dan memiliki misi untuk membantu mereka know they worth, know they rights, dan know they power,” ujar Dhika Himawan dikutip dari Fimela.

Seiring berjalan waktu, para Co-founder Rahasia Gadis, Valencia Tania, Adelle Tanuri, dan Dhika Himawan menyadari adanya kapabilitas untuk membentuk komunitas.

Komunitas Rahasia Gadis terus berkembang hingga saat ini hingga memiliki 3,3 juta pengikut di Instagram.

Hingga kini, jumlah anggota komunitas Rahasia Gadis mencapai puluhan ribu dan tersebar di berbagai provinsi di Indonesia.(*)

Artikel Terkait