Kartini Media

Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Pori-Pori Tersumbat

Pori-pori wajah yang tersumbat dapat menyebabkan berbagai masalah pada kulit wajah. Namun, kita seringkali mengabaikan pori-pori yang tersumbat akibat kotoran, minyak, sel kulit mati, serta bakteri yang menumpuk.

Apabila dibiarkan, pori-pori wajah yang tersumbat dapat memicu timbulnya komedo dan jerawat. Bahkan, apabila terus dibiarkan, kulit akan tampak kusam dan menjadi kasar. Ada beberapa penyebab terjadinya pori-pori tersumbat diantaranya kebersihan kulit yang tidak terjaga, jarang mencuci wajah, tidak rutin menggunakan skincare, malas membersihkan make-up dan kebiasaan memencet jerawat. Selain itu, penggunaan skincare yang tidak cocok untuk wajah juga bisa menjadi penyebab pori-pori tersumbat.

Lantas, bagaimana cara mengatasi pori-pori yang tersumbat? Berikut ini cara mengatasi pori-pori tersumbat agar kembali normal.

1.       Melakukan Eksfoliasi Wajah

 

Untuk melegakan kembali pori=pori wajah yang tersumbat, sebaiknya Kamu rutin melakukan eksfoliasi wajah. Tujuannya adalah untuk membuang sel-sel kulit mati sehingga merangsang pertumbuhan sel kulit baru yang lebih sehat.

 

2.       Membersihkan Wajah Secara Rutin

 

Cara yang selanjutnya adalah dengan membersihkan wajah secara rutin setiap pagi dan malam hari. Jangan lupa untuk menerapkan teknik double cleansing yakini dengan membersihkan wajan menggunakan pembersih wajah berbahan dasar minyak untuk mengangkat sisa-sisa make up dan kotoran yang menempel pada wajah. Setelah itu, bersihkan kembali wajah menggunakan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit.

 

3.       Menggunakan Masker Tanah Liat

 

Untuk mengangkat kotoran yang menempel pada wajah, Kamu bisa menggunakan masker tanah liat. Masker tanah liat atau masker arang dapat membantu mengangkat kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori.  Gunakan masker tanah liat 1 sampai 2 kali dalam seminggu untuk mencegah kulit kering.

 

4.       Menggunakan Pore Strip

 

Cara mengatasi pori-pori yang tersumbat pada area hidung, Kamu bisa menggunakan pore strip atau pore pack yang ditempelkan ke hidung. Pore strip digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang berada di permukaan kulit wajah’

 

Artikel Terkait