Kartini Media
Ilustrasi potong rambut. Foto: Freepik

Potong Rambut Bisa Bikin Tumbuh Lebih Tebal, Mitos atau Fakta

Ada orang beranggapan bahwa memotong rambut dapat menumbuhkan rambut baru lebih tebal.

Melansir The Healthy, Annie Gonzalez, MD, Dokter Kulit di Riverchase Dermatology, Miami, menegaskan anggapan memotong bisa membuat rambut tumbuh lebih tebal hanyalah mitos.

“Memotong sebagian rambut tidak mengubah apa pun tentang proses pertumbuhan selanjutnya dan tidak ada ilmu mengatakan, rambut kembali tumbuh (akan menjadi) lebih tebal atau lebih gelap setelah bercukur,” kata dr. Gonzalez.

Menurut Best Medical Journal (BMJ), tindakan memotong hanya mampu menghilangkan bagian rambut yang mati dan bukan bagian rambut hidup yang terletak di bawah permukaan kulit. Karenanya, memotong tidak mampu memengaruhi tingkat atau jenis pertumbuhan rambut yang akan datang.

Pakar Dermatologi Taylor Bullock, MD mengungkap bahwa mencukur rambut artinya memotong bagian batang rambut, bukan akar rambut.

Sementara akar rambut berada di bawah permukaan kulit. Dengan mencukur atau memotong, tidak memangkas habis rambut langsung dari akarnya, sehingga tidak merubah apapun. 

“Jika setelah bercukur merasa rambut tumbuh lebih tebal dan lebih gelap, hal ini sebenarnya disebabkan oleh variasi batang rambut, bukan karena mencukur mengubah folikel rambut,” jelas Bullock, dilansir dari Cleveland Clinic.

Ilustrasi perawatan rambut di salon. Foto: Freepik

Lebih jauh, Bullock menjelaskan bahwa ketika rambut dipotong mulai tumbuh kembali, rambut tersebut mungkin tampak lebih tebal atau lebih gelap dari sebelumnya padahal tidak.

Ketebalan dan warna rambut yang tubuh akan kembali seperti sama semula. 

“Setelah rambut tumbuh lebih panjang, teksturnya akan kembali lebih lembut seperti sebelumnya,” jelasnya.

Melansir Eesensi.co.id, Neil Sadick, ahli dermatologi berbasis di New York, mengatakan bahwa itu adalah mitos belaka. Memotong rambut akan membantu menghilangkan rambut rusak terkena styling atau pewarnaan. Namun, memotong rambut tidak akan memengaruhi batang rambut atau siklus pertumbuhan rambut.

Lebih jauh lagi, Nicole Rogers, seorang dokter bedah kulit dan transplantasi rambut di Metairie, Louisiana mengatakan rambut baru yang tumbuh setelah dipotong akan tumbuh sama tidak sehatnya jika merawatnya dengan cara sama sebelum rambut dipotong.

Ia menyarankan mengurangi penggunaan bahan kimia pada rambut seperti relaxer, dan pewarna rambut. Sebagai ganti, fokus menambah kelembaban rambut setiap hari.(*)

Artikel Terkait