Kartini Media
Ilustrasi komedo. Foto: Freepik

Trik Hilangkan Komedo Pakai Bahan-bahan Dapur, Pori-pori jadi Bersih

Komedo kerap mengganggu penampilan baik perempuan maupun laki-laki. Bintik-bintik muncul di wajah membuat tidak percaya diri.

Komedo merupakan pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo terbuka (Blackhead), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam.

Komedo tertutup (whitehead) memiliki kulit tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil.

Komedo disebabkan sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak berlebihan pada kulit. Komedo bisa juga disebabkan karena sisa makeup menempel di wajah dan kotoran di permukaan kulit. 

Komedo membandel membuat muka menjadi kusam, dan berpengaruh pada tekstur wajah menjadi lebih kasar.

Berikut ini cara mudah menghilangkan komedo secara alami. Perawatannya alami di rumah dan menggunakan bahan-bahan dapur mudah didapat.

Lemon dan Madu

Caranya, campurkan perasan lemon dengan satu sendok makan madu dan satu sendok teh gula. Oleskan ramuan tersebut secara merata di tempat terdapat komedo.

Setelah itu, pijat dengan gerakan memutar. Lakukan pemijatan selama satu hingga dua menit. Kemudian, bilas dengan air bersih. Terapkan cara ini sekali seminggu.

Lidah Buaya

Tak hanya menjaga kesehatan rambut, lidah buaya kerap digunakan memelihara kesehatan kulit wajah, menekan pertumbuhan bakteri menyumbat pori-pori wajah.

Caranya, bisa mengambil gel dari daging lidah buaya, kemudian oleskan ke wajah. Tunggu hingga mengering, kemudian bilas.

Putih Telur

Kandungan protein yang pada putih telur tidak hanya ampuh untuk menghilangkan komedo, tapi dapat membuat wajah tampak lebih cerah.

Caranya, letakkan putih telur dalam sebuah mangkuk. Tambahkan beberapa tetes perasan lemon. Aduk hingga keduanya benar-benar menyatu.

Lalu, oleskan campuran ini ke seluruh wajah atau sekitar area terdapat komedo. Diamkan selama lima menit atau hingga campuran ini mengering. Setelah mengering, pijat wajah untuk merontokkan olesan.

Perawatah ini bisa dilakukan dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kayu Manis

Sama seperti putih telur, kayu manis membuat kulit menjadi lebih cerah dan lembut. Antimikroba kayu manis mampu mencegah muncul jerawat.

Caranya, campur 1 sendok bubuk kayu manis dengan setengah sendok air lemon. Setelah teraduk rata dan berbentuk pasta, aplikasikan pada wajah selama 15 menit lalu bilas dengan air. Anda bisa mengganti air lemon dengan air mawar.

Oatmeal

Oatmeal hampir memiliki tekstur seperti scrub, sehingga menjadi alternatif mengangkat sel kulit mati, termasuk komedo membandel.

Caranya, campur 2 sendok oatmeal, setengah sendok air lemon, setengah sendok madu, dan satu sendok brown sugar.

Gosokkan campuran pada kulit wajah berkomedo dengan gerakan memutar selama lima hingga tujuh menit. Selanjutnya, diamkan dulu selama beberapa menit lagi lalu bilas dengan air.

Minyak Kelapa

Bisa sebagai pembersih wajah berguna menghilangkan polutan, makeup dan komedo.

Caranya, oleskan minyak kelapa pada bagian wajah berkomedo tunggu sampai minyak kelapa meresap. Selain minyak kelapa, bisa gunakan minyak zaitun memusnahkan komedo membandel.(*)

Artikel Terkait