Kartini Media
Ilustrasi usaha makanan. Foto: Freepik

Jualan Makanan Laris Manis, Ini Tips dari Netizen

Media sosial seperti TikTok lebih fokus dengan konten video kreatif dan sedang tren. Ini berbeda dengan media sosial X (dulu Twitter) yang dijadikan wadah berbagi tips dan informasi. Mulai dari tips percintaan, keuangan, terkini tips jualan makanan.

Berbagi tips di media sosial X, banyak netizen menyampaikan kiat membuat penjualan makanan lebih sukses dan laku.

Salah satu diskusi menarik berawal dari pertanyaan seorang pengguna anonim di akun @tanyakanrl.

Dia mencari saran dan solusi bagi para penjual makanan baru yang mengalami kesulitan menarik pelanggan, khususnya di platform online.

"Aku dan pacarku jualan taichan, tapi dari awal buka belum ada pembeli melalui aplikasi online. Padahal kita udah bikin dan pasang iklan juga. Ada yang punya tips biar dapat pembeli online?" tanyanya.

Cuitan ini langsung viral dan dikomentari pengguna lain.

"Coba cek lagi foto-foto makanannya. Kadang orang tuh tertarik beli gara-gara foto makanannya kelihatan enak banget. Lightingnya juga penting, jangan asal jepret foto makanan terus upload. Terus deskripsi menunya juga harus yang bikin orang nagih dan penasaran," saran @pink***.

Pengguna lain @ratu*** menyarankan menyesuaikan harga, “Naikkan harga sedikit lalu tawarkan diskon sehingga pelanggan merasakan mereka mendapatkan harga diskon.”

Ia juga menekankan penting mengadakan promo menarik, seperti membeli beberapa porsi makanan dan mendapatkan satu gratis.

"Bisa promosiin makanan kita lewat grup Facebook. Alhamdulilah di aku tiap hari jualannya selalu tembus 10 porsi makan dan selalu ada pembeli baru. Setiap hari bagikan foto jualan makanan kita ke 20 grup Facebook," komen @az***.

Saran lain datang dari pengguna @trs*** yang menyarankan, “Berani memberikan potongan harga untuk menarik pelanggan awal. Diskon besar di aplikasi atau meminta teman memberikan ulasan positif juga bisa membantu menarik perhatian.”

Dari beragam komentar yang masuk, kebanyakan netizen menyarankan para penjual makanan baru untuk memberikan potongan harga sampai diskon. 

Hal ini demi menarik pembeli menjadi strategi kunci bagi penjual makanan baru untuk meningkatkan penjualan.

Selain itu, banyak menyarankan agar penjual aktif memasarkan produk ke TikTok, Instagram, Facebook agar lebih banyak orang tahu tentang jualan mereka.(*)

Artikel Terkait