Kartini Media
Ilustrasi meningkatkan penjualan menggunakan live streaming. Foto: Freepik

Penjualan Fashion Lokal Naik Drastis Pakai Shopee Live, Lakukan Trik Ini

Dunia fashion lokal di Indonesia saat ini berkembang pesat. Hal ini terlihat dari hadirnya brand-brand lokal, tidak hanya menawarkan produk tetapi juga berani mengambil langkah menciptakan produk inovatif dengan kualitas terbaik.

Tren fashion terus berputar, menjadi peluang bagi para pelaku usaha lokal berkreasi dan bergerak bersama konsumen.

Salah satu cara menaikan penjualan produk fashion lokal dengan menggunakan Shopee Live.

Shopee Live menjadi solusi sekaligus wadah bagi pengusaha ingin memperluas usahanya, terutama bagi pelaku bisnis kecil dan menengah yang butuh lebih banyak pengenalan.

Shopee Live merupakan fitur yang memudahkan penjual dalam membangun interaksi lebih dekat antara penjual dan calon pembeli.

Konten ini bisa ditonton secara gratis. Live streaming ini bertujuan untuk promosi produk, baik produk lama atau pun baru, serta menjaring partisipasi penonton dalam penawaran eksklusif.

Siaran langsung di Shopee memungkinkan mendapat omzet lebih banyak daripada hanya menjual produk dengan metode biasa.

Data dari SimilarWeb, Shopee menempati urutan pertama untuk jumlah kunjungan situs terbanyak di Indonesia sepanjang 2023. Secara kumulatif, Shopee unggul dengan 2,3 miliar kunjungan melampaui kompetitornya.

Marketplace yang sering disebut Toko Oren oleh penggunanya memiliki beragam fitur. Dari semua fasilitas daring miliknya, fitur live streaming di Shopee menjadi primadona brand lokal dan UMKM.

Melansir isellercommerce.com, berikut ini trik cerdik berjualan secara langsung di Shopee:

1. Berikan Opsi Voucher Gratis Ongkos Kirim

Keunggulan marketplace disukai pembeli adalah gratis ongkos kirim. Tawarkan kupon gratis ongkos kirim untuk produk kepada konsumen. Dijamin performa promosi dan penjualan naik secara signifikan.

2. Buat Jadwal Siaran Berdasarkan Kalender Promo Shopee

Shopee memiliki kalender tersendiri mengindikasikan ada peluang kenaikan penonton atau pembeli, seperti periode promo Shopee Live Day, Shopee Mantul Sale, atau 12.12. Jadi, atur jadwal sesi siaran secara konsisten dan sesuai dengan kalender Shopee.

Semakin konsisten siaran Shopee Live, maka semakin tinggi brand awareness akan didapat. Selain itu, atur jadwal siaran langsung berdasarkan rekomendasi di bawah ini:

  • Golden time: 13.00-16.00 atau 19.00-21.00.
  • Golden days: hari kerja.
  • Durasi: 1-2 jam setiap sesi.

3. Tentukan Judul dan Cover Menarik

Sebagai bagian paling pertama dilihat pengunjung, pastikan menggunakan judul dan cover membuat penonton betah. Keduanya harus relevan dengan konten akan disiarkan.

Melansir seller.shopee.co.id, tips mempertahankan penonton saat live streaming, dengan masukkan berbagai jenis produk bisa meningkatkan minat penonton seperti:

  • Produk dengan harga murah.
  • Produk dengan penjualan terbaik (best selling).
  • Produk baru diluncurkan.
  • Produk dengan margin tinggi.
  • Produk bundling spesial Live.
  • Membagikan bonus koin untuk pembeli saat live streaming berlangsung bisa mempersiapkan minimal 20.000 Koin Shopee untuk dibagikan.
  • Gunakan fitur lelang dan polling.
  • Berikan konten menarik dan autentik saat sesi live streaming.

Artikel Terkait