Kartini Media
Ilustrasi memperhatikan simbol pada produk kosmetik. Foto: Freepik

Arti Simbol Pada Kemasan Produk Kecantikan, Wajib Tahu!

Di dunia kecantikan, banyak hal harus dipahami. Seperti persentase bahan, formula, cara penggunaan, manfaat, proses produksi, hingga simbol-simbol terlihat pada kemasan.

Penggunaan simbol-simbol tidak sembarangan karena bermanfaat sebagai pemberi informasi bagi konsumen. Mulai dari informasi waktu kedaluwarsa, kandungan produk, dan lainnya.

Melansir alodokter.com, produk kosmetik adalah bahan dipakai pada bagian luar tubuh (kulit, rambut, dan bibir) atau gigi dengan tujuan membersihkan, mengharumkan, serta memperbaiki penampilan.

Berikut makna simbol-simbol ada di kemasan produk kecantikan dikutip dari berbagai sumber:

Ilustrasi simbol mobius. Foto: Shutterstock

Mobius

Logo mobius adalah logo anak panah berbentuk segitiga. Logo ini memberikan arti daur ulang. Kemasan memiliki simbol ini bisa didaur ulang kembali. Biasanya perusahaan memproduksi produk tersebut akan memberikan biaya daur ulang.

Misalnya perusahaan akan memberikan poin atau diskon, untuk pelanggan yang mengembalikan kemasan kosong ke perusahaan tersebut.

Sistem daur ulang ini berfungsi meminimalkan penumpukan sampah.

Ilustrasi simbol kelinci lompat. Foto: Shutterstock

Kelinci Lompat

Simbol ini memiliki arti penting, produk tersebut bersifat cruelty free dan no animal testing. Produk memiliki simbol tersebut, berarti tidak membahayakan atau membunuh hewan.

Bahan dan produksi dari produk tersebut aman, dan tidak mengandung bahan hewani.

Selain itu, produk berlabel no animal testing, pengujian terhadap produk tersebut tidak dilakukan pada hewan.

Jam Pasir

Seperti diketahui jam pasir adalah penanda waktu. Produk kecantikan berasal dari Eropa, biasanya mencantumkan logo jam pasir di produknya.

Walaupun dalam kemasan produk sudah tertulis tanggal kedaluarsa selama 2 hingga 3 tahun, namun simbol ini tetap ada dan menunjukan kalau produk tersebut bertahan selama 30 bulan.

Jam pasir ini sama artinya dengan tanggal tertera. Jam pasir terdapat pada kemasan sebagai simbolis penanda waktu.

PAO (Periode After Opening)

Simbol ini terdiri dari gambar wadah terbuka dengan angka di dalamnya menunjukkan jumlah bulan atau tahun. Arti dari simbol ini memberikan informasi tentang berapa lama produk tersebut sebaiknya digunakan setelah dibuka pertama kalinya.

Contohnya, jika simbol PAO menunjukkan angka “12M”, berarti produk sebaiknya digunakan dalam waktu “12 bulan” setelah dibuka. Apabila melewati periode tersebut, kemungkinan kualitas dari produk berkurang dan dapat meningkatkan risiko iritasi.

Green Dot

Green dot memiliki makna bahwa perusahaan menciptakan produk tersebut akan bertanggung jawab dalam pendanaan sistem pengelolaan daur ulang kemasan.

Flame

Simbol flame merupakan simbol api. Simbol ini mengartikan kalau produk ini mudah terbakar. Ada beberapa produk kecantikan mudah terbakar.

Produk kecantikan memiliki kandungan alkohol akan sangat mudah terbakar. Contohnya seperti hairspray, pembersih cat kuku, bahkan beberapa toner mengandung alkohol.(*)

Ilustrasi simbol leaflet. Foto: Shutterstock

Leaflet

Simbol leaflet berbentuk buku dengan tangan di tengah. Produk terdapat simbol ini menandakan kalau informasi produk kurang lengkap di kemasan.

Sehingga dalam produk terdapat sebuah selebaran berisi tentang informasi lengkap produk tersebut.

Pada selebaran tertulis lengkap tentang kandungan produk, cara penggunaan produk, dan manfaat produk.

Simbol E

Produk terdapat simbol E pada kemasan, artinya produk ini diproduksi di negara Eropa. Simbol E ini menunjukan volume dan isi bersih sebuah produk.

Kalau pada kemasan produk kecantikan tertulis 50ml diikuti simbol E, artinya berat bersih produk tersebut 50ml, tidak termasuk berat kemasan luar.

Simbol UVA

Pada beberapa produk kecantikan terdapat simbol UVA. Simbol ini adalah produk memiliki perlindungan dari UVA.

UVA adalah sinar ultraviolet bisa membuat kulit menjadi terbakar. Walaupun produk kecantikan memiliki simbol UVA, tetap harus gunakan tabir surya untuk melindungi kulit.

Ecocert

Produk memiliki simbol ini merupakan produk organik. Bahan dan kandungan terdapat dalam produk terbuat dari bahan-bahan natural.

Biasanya produk ini dibuat dari 95 persen tanaman organik. Simbol ini hampir sama dengan produk vegan, atau produk cruelty free.

E-Mark

Simbol ini sering disertakan dengan angka di dalamnya, seperti “e 50ml” atau “e 100ml”. Artinya, jumlah tertera dalam simbol menunjukkan volume bersih atau berat bersih produk tersebut.

Sehingga, konsumen mendapatkan informasi jelas tentang seberapa banyak produk seharusnya ada di dalam kemasan.

Tak hanya itu, simbol ini merupakan tanda kelayakan bahwa produk mematuhi standar sesuai regulasi Uni Eropa. Hal ini membantu menciptakan standar konsisten di seluruh produk.(*)

Artikel Terkait