Kartini Media
Rami Kashou. Foto: AFP

Sederet Karya Desainer Palestina, Jadi Favorit Selebritis Hollywood

Seorang desainer asal Palestina, Rami Kashou sukses berkarier di Hollywood. Hasil karyanya menjadi favorit selebritis Hollywood.

Nama Rami Kashou mulai dikenal luas setelah tampil di acara Project Runway season 4 (2007-2008), sebuah kompetisi perancang busana dikemas program televisi Amerika Serikat.

Ia berhasil masuk ke final, adu rancangan dengan Christian Siriano dan Jillian Lewis di depan juri tamu Victoria Beckham.

Melansir situs ramikashou.com, diketahui Rami Kashou lahir di Yerusalem tahun 1976. Ia tumbuh dan memulai perjalanan kariernya di Ramallah.

Saat remaja, Kashou kerap diajak ibu dan teman-temannya berkunjung ke tempat penjahit lokal. Ia terinspirasi mendesain pakaian untuk teman-teman ibunya setiap kali usai membeli kain lalu dikreasi.

Tahun 1996 tiba di AS, Kashou bekerja di bidang ritel selama beberapa tahun. Hal ini membawanya ke posisi pembelian dan penjualan di sebuah butik terkenal di Los Angeles.

Setelah melakukan perjalanan ke Eropa sebagai pembeli, Kashou memutuskan membeli dua mesin jahit. Dia dengan penuh semangat mempelajari pembuatan pola dari butik-butik vintage setempat.

"Saya akan membeli sebuah pakaian, membongkar dan memeriksanya, lalu saya akan belajar," Kata Kashou seperti dikutip dari situs ramikashou.com.

Setelah tiga tahun belajar secara otodidak, ia mulai menciptakan karyanya dikenal sebagai koleksi "One of a Kind" kemudian diambil berbagai butik ternama di Los Angeles.

Klien awalnya adalah Erykah Badu dan Jennifer Lopez.

Keikutsertaannya di Project Runway membuka banyak kesempatan. Peragaan busananya dinanti di pekan mode Los Angeles, menarik perhatian artis Hollywood pada masanya seperti Jessica Alba dan Christina Aguilera.

Kini tinggal di New York, Rami Kashou tak lupa dengan akar budayanya. Selain khas dengan rancangan gaya fluid draping yang feminin, ia membuat proyek khusus seperti bordir Palestina membawa kenangan masa kecil.

Sejak awal kariernya, rancangan Rami Kashou menjadi langganan artis Hollywood.

Berikut sederet gaun rancangan Rami Kashou:

Kim Kardashian. Foto: Pinterest

Kim Kardashian

Saat menghadiri pesta anniversary ke-17 Majalah Ocean pada tahun 2010, Kim Kardashian kenakan gaun geometri hitam putih potongan one shoulder rancangan Rami Kashou.

Jessica Alba. Foto: Instagram

Jessica Alba

Gaun biru Jessica Alba di acara MTV VMA-US Weekly Party 2005 ini merupakan rancangan Rami Kashou. Gaya ceria berwarna cerah dan aksen ruffle ramai jatuh bertumpuk.

Heidi Klum. Foto: Pinterest

Heidi Klum

Rami Kashou tidak hanya sekali dua kali merancang gaun Heidi Klum. Mulai dari red carpet hingga pemotretan majalah.

Di antaranya gaun dolar yang dirancang khusus dan gaun hitam di sampul majalah Forbes edisi Juni 2008.

Ratu Rania. Foto: Istimewa

Ratu Rania

Selain artis Hollywood, rancangan Rami Kashou juga beberapa kali terlihat dipakai oleh Ratu Rania dari Yordania. Salah satunya di upacara hari kemerdekaan Yordania yang ke-64 pada tahun 2010.(*)

Artikel Terkait