Kartini Media
Ilustrasi membaca ayat Al Quran. Foto: Freepik

Doa Lancar Rezeki Terus Mengalir, Dibaca Setiap Hari

Rezeki setiap makhluk sudah diatur Allah SWT. Manusia berdoa dan berusaha maksimal serta mengamalkan doa rezeki tak putus agar senantiasa dilimpahkan kemudahan oleh-Nya.

Doa lancar rezeki berlimpah penting diketahui umat Muslim. Alasannya, setiap manusia membutuhkan sandang, pangan dan papan untuk bisa mempertahankan hidup.

Berdoa adalah salah satu bentuk rasa bersyukur kepada Allah SWT sekaligus sebagai sarana bagi manusia untuk mewujudkan keinginan dan harapan menjadi nyata.

Melansir Wikipedia, dalam ajaran Islam, doa merupakan kegiatan memohon kepada Allah SWT.

Doa dalam Islam merupakan bagian paling mendasar dari ibadah. Doa dipanjatkan umat Islam ketika mengalami kesusahan maupun diberi kemudahan dalam kehidupan di dunia.

Doa dibarengi dengan usaha akan memberikan hasil terbaik.

Untuk itu, penting mengetahui doa lancar rezeki tak pernah putus dan terus mengalir dibaca setiap hari agar keinginan dikabulkan Allah SWT. Selain itu, bisa mengamalkannya dengan sungguh-sungguh dan hati ikhlas.

Menurut buku 'Mengetuk Pintu Rezeki' oleh Irwan Kurniawan, Majma' Al-Bahrain membagi rezeki menjadi dua macam yakni lahiriah dan batiniah.

Rezeki lahiriah adalah rezeki berkaitan dengan badan atau berupa materi. Bisa saja bentuk fisik, tenaga, kesehatan, atau harta melimpah.

Rezeki batiniah adalah rezeki hanya dirasakan atau berkaitan dengan hati. Misalnya pengetahuan, kebahagiaan, ketenangan, dan perasaan nyaman.

Allah SWT sudah menjamin rezeki setiap makhluk dengan kadarnya masing-masing. Dialah berkuasa atas rezeki seseorang.

Allah SWT berfirman dalam surah Saba' ayat 36 berbunyi,

Artinya: Katakanlah: "Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya dan menyempitkan (bagi siapa yang dikehendaki-Nya). Akan tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui".

Surah Al-Qasas Ayat 24, berbunyi:

Bacaan latin: Allaahumma rabbanaa anzil 'alainaa maa'idatam minas samaa'i takunu lana 'iidal li'awwalinaa wa aakhirinaa wa aayatam mingka warzuqnaa wa anta khairur raaziqiin.

Artinya: "Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang-orang yang sekarang bersama kami maupun yang datang setelah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau, berilah kami rezeki dan Engkaulah sebaik-baiknya pemberi rezeki."

Surah Al-Maidah Ayat 114, berbunyi:

Bacaan latin: Rabbi innii limaa anzalta ilayya min khairin faqiir.

Artinya: Ya Tuhanku, sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan (makanan) yang Engkau turunkan kepadaku.

Selain doa diatas, ada doa memohon kemudahan rezeki, terutama ketika sedang putus harapan karena seret dan meminta pada Allah SWT supaya kembali dilancarkan pintu rezekinya:

Bacaan Latin: Bismillahi 'ala nafsi wa mali wa dini. Allahumma radhdhini bi qadha 'ika, wa barik li fima quddira li hatta la uhibba ta 'jila ma akhkharta, wa la t khira ma 'ajjalta.

Artinya: Dengan nama Allah yang menguasai diri, harta, dan agamaku. Tuhanku, kondisikan batinku agar rela menerima ketentuan Mu. Berkatilah aku pada semua yang ditakdirkan untukku sehingga aku enggan menyegerakan apa yang kau tunda dan enggan menunda apa yang kau segerakan.

Doa Pembuka Rezeki dari Segala Penjuru

Bacaan Latin: Alhamdulillahil ladzii razaqanii haadzaa min ghairi haulin minnii wa laa quwwatin, Allahumma baarik fiihi.

Artinya: "Segala puji bagi Allah, yang telah memberi rezeki kepadaku dengan tidak ada daya dan kekuatan bagiku, ya Allah semoga Engkau berkahi pada rezekiku.”(*)

Artikel Terkait