Kartini Media
Ilustrasi wajah kusam karena malas membersihkan. Foto: Freepik

Pori-pori Bisa Membesar karena Lakukan Hal Ini Tanpa Sadar, Hati-hati!

Merasa pori-pori wajah semakin terlihat membesar padahal Anda sudah rajin menggunakan pelembap, sunscreen, double cleansing dan lainnya.

Pori-pori adalah folikel rambut kecil di kulit. Ketika tersumbat oleh minyak dan kotoran folikel akan tampak lebih besar, ukuran pori-pori bervariasi tergantung pada usia dan jenis kelamin.

Pori-pori terlihat membesar adalah kekurangan elastisitas dan kolagen pada kulit. Karena itu, penting menjalani basic skincare yaitu double cleansing, exfoliating, sunscreen dan juga menggunakan pelembap.

Pori-pori wajah adalah bagian kecil sangat penting untuk kulit. Meskipun terlihat sangat kecil, pori-pori memiliki peran besar dalam kesehatan dan kecantikan kulit.

Masalah pori-pori membesar menjadi perhatian karena bisa memengaruhi kulit dan rasa kurang percaya diri.

Melansir berbagai sumber, agar pori-pori wajah tidak semakin membesar hentikan kebiasaan berikut:

1. Malas Membersihkan Wajah Setelah Beraktivitas

Membersihkan wajah dua kali sehari, yaitu pada pagi dan malam hari, merupakan perawatan wajah mendasar wajib dilakukan.

Jika lalai dilakukan, terutama pada malam hari saat berbagai kotoran, sisa produk makeup, sel-sel kulit mati, dan minyak berlebih menumpuk di permukaan kulit wajah, maka keesokan hari bisa dipastikan pori-pori di wajah terlihat membesar.

2. Memencet dan Mengutik-utik Jerawat

Kebiasaan penyebab pori-pori besar mungkin mengeluarkan isi jerawat, padahal salah melakukannya bisa membuat jerawat semakin meradang dan menyebabkan kulit mengalami iritasi.

3. Merokok

Berbagai racun dalam rokok bisa merusak kolagen dan elastin, jaringan serat membuat kulit kencang dan elastis.

Akibatnya, kulit menjadi kendur dan elastisitasnya berkurang, memicu pori-pori meregang penyebab pori-pori besar.

4. Menyentuh Wajah

Menurut beberapa studi, manusia bisa menyentuh wajah sampai 23 kali dalam sehari. Padahal kondisi tangan sering kali tidak bersih dan higienis karena dipergunakan menyentuh banyak benda.

Kotoran berpindah tangan bisa memicu pori-pori tersumbat, dan menjadi jerawat jika kuman ikut berpindah dari tangan ke kulit wajah.

5. Malas Mengganti Sprei dan Sarung Bantal

Kain-kain perlengkapan tidur menjadi tempat berkumpul kotoran, sel-sel kulit mati yang luruh, keringat, dan minyak alami dari tubuh.

Saat semua ini berpindah ke kulit wajah, maka menyebabkan masalah di kulit wajah, termasuk pori-pori membesar karena tersumbat.

6. Sering Mengonsumsi Makanan Penyebab Pori-pori Besar

Makanan dan minuman mengandung susu, alkohol tinggi, gula tinggi, dimasak dengan cara digoreng, dan terlalu pedas bisa memicu produksi minyak berlebih serta peradangan di kulit menyebabkan jerawat.

Jika sudah terbentuk jerawat, maka mulut pori-pori akan meregang dan tampak membesar.

7. Berolahraga Sambil Memakai Makeup

Memakai produk makeup saat berolahraga bisa membuat pori-pori berisi kelenjar keringat tertutup, sehingga keringat dan kotoran terjebak di dalamnya dan membentuk sumbatan penyebab pori-pori besar.(*)

Artikel Terkait