Kartini Media
Koleksi Sabamodest. Foto: Instagram

Rani Hatta Rilis Koleksi Sabamodest, Serba Monokrom

Rani Hatta salah seorang desainer Tanah Air merilis koleksi terbaru, Sabamodest di Jakarta fashion Week 2024. Sabamodest menampilkan koleksi serba monokrom.

Rani mengungkapkan ide di balik brand Sabamodest berdiri sejak lima tahun lalu. Sebelumnya, Rani Hatta memiliki brand dengan namanya dan memiliki ciri khas busana minimalis bisa dipakai sehari-hari.

"Sebelumnya aku ada brand Rani Hatta, sporty and street style. Tapi agak lumayan berat untuk sehari-hari. Mulai dari situ aku mulai berpikir lagi baju yang sama-sama clean minimalist dan lebih wearable sehari-hari jadilah Sabamodest ini," ungkap Rani Hatta saat konferensi pers sebelum fashion show Fashionlink presents "The Clean State", featuring Shop at Velvet, Callie Homme, Selasa (24/10/2023), dikutip dari Wollipop.

Di acara Jakarta Fashion Week 2024, desainer lulusan tata busana di Universitas Yogyakarta (UNY) dan alumni sekolah desain Susan Budihardjo lulus 2013 merilis koleksi Sabamodest.

Soal Sabamodest, Rani menjelaskan konsep outfit-nya ready to wear yang gampang di-mix and match. Deretan koleksi salah satunya cardigan mudah dipadukan dengan kemeja, skirt, maupun celana jeans.

"Terinspirasi dari lounge wear atau baju rumah. Habis pandemi ini banyak banget yang berubah. Orang kepengen lebih mempersimpel lagi outfitnya, nyaman di-mix and match-nya dan lebih suistanable juga," jelas Rani.

Rani Hatta menggunakan bahan katun dan linen yang ramah lingkungan untuk koleksi terbaru Sabamodest.

Rani banyak menghadirkan busana satu set dalam nuansa monokrom.

"Looknya atas bawah sama, monokrom dan cuttingannya loose nyaman dipakai. Ada 17 looks beragam, casual, semi formal tapi tetap formal looknya dengan lounge wear yang matching set dan hightlightnya tetap tailoring tapi tetap relax dan nyaman dipakai sehari-hari," jelasnya.

Perempuan kelahiran 1990 ini mengungkapkan memakai penjahit inhouse untuk koleksi Sabamodest. Rani kesulitan menemukan penjahit sesuai dengan standar dan keinginannya.

Koleksi Relax dari Sabamodest hasil karya Rani Hatta diantaranya blazer, rok, jaket, baju olahraga, cardigan, kemeja sampai dress yang simple selalu modis.

Meskipun look terlihat tebal, koleksi Saba sangat nyaman dan adem dipakai. Pemilihan warna sesuai dengan DNA Sabamodest, yaitu hitam, navy, dan cokelat. Harganya sekitar Rp350 ribu-Rp600 ribu.

Sebagai informasi, Rani Hatta mendirikan beberapa brand lokal, mencakup namanya, Rani Hatta, Hattaco dan kini membesarkan Sabamodest.

Dalam setiap koleksinya, pasti ada karakter boyish dan feminin. Saba punya target market teenager hingga adult.

Melihat Instagramnya, @ranihatta, ia kerap mengenakan blazer atau outer wear dari brandnya sendiri.(*)

Artikel Terkait