Kartini Media
Ilustrasi kulit wajah terpapar sinar ultraviolet. Foto: Freepik

Ada 4 Rekomendasi Tinted Sunscreen, Samarkan Flek Hitam dan Melindungi dari Sinar Matahari

Menetap di negara tropis seperti Indonesia bisa membuat kulit lebih mudah terpapar sinar matahari. Sehingga kulit akan mengalami hiperpigmentasi menyebabkan warna kulit menjadi tidak rata dan lebih gelap.

Untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, beberapa merek kecantikan mengeluarkan produk bernama tinted sunscreen.

Melansir dari Cosmetic Dermatology, 2021, tinted sunscreen memiliki komponen atau bahan yang bisa memberikan perlindungan lebih baik untuk mengurangi melasma atau flek hitam, hiperpigmentasi dan membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini dibandingkan dengan sunscreen biasa.

Produk sunscreen ini berbeda dengan sunscreen biasanya, karena tinted sunscreen adalah produk sunscreen bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari, sekaligus bisa membantu meratakan warna kulit dan menyamarkan noda hitam.

Produk tinted sunscreen menjadi salah satu pilihan. Sebab, produk satu ini memiliki tekstur serupa foundation. Namun memberikan efek perlindungan maksimal di kulit.

Secara umum, sunscreen bagus digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari di negara tropis, yaitu sunscreen memiliki kandungan UV Protection SPF 30 PA++ dan SPF 50 PA+++.

Begitu juga dengan tinted sunscreen. Bisa menggunakan tinted sunscreen dengan kandungan SPF 30 PA++ jika sering berada di dalam ruangan. Sedangkan untuk di luar ruangan, Anda bisa menggunakan yang mengandung SPF 50 PA++.

Cara menggunakan tinted suscreen sangat mudah, yaitu aplikasikan setelah menggunakan seluruh rangkaian skincare pagi. Tinted sunscreen digunakan sebanyak 2 jari, aplikasikan dengan jari ke seluruh wajah dan biarkan meresap selama 15 sampai 30 menit, kemudian dilanjutkan penggunaan makeup. Jangan lupa penggunaan sunscreen ini setiap 4 jam sekali.

Diketahui, teksturnya yang cair membuat produk ini bisa dijadikan base makeup pengganti foundation. Jadi, bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus dalam satu produk.

Melansir disway.id, berikut rekomendasi tinted sunscreen bisa menutupi noda hitam dan melindungi dari paparan sinar matahari:

Acnes UV Tint SPF 35

1. Acnes UV Tint SPF 35

Menyajikan tekstur sunscreen lotion menjadikannya nyaman digunakan. Cocok untuk kulit berjerawat.

Sebab, dilengkapi SPF 35, acne care serta vitamin E dan B6. Sehingga, efeknya membuat wajah tampak glowing dan bebas jerawat dengan penggunaan rutin.

YOU Beauty Tone Up Elixir SPF 50

2. YOU Beauty Tone Up Elixir SPF 50

Memiliki kandungan berupa SPF 50, ada juga kandungan pencerah, pelembap dan pelembut kulit. Dilengkapi dengan hyaluronic acid, bisabolol hingga sunflower seed oil.

Efeknya maksimal terasa di kulit, warna yang dihasilkan bisa menyatu dengan kulit secara sempurna.

Teknologi tone up-nya membuat wajah lebih putih secara instan. Teksturnya lembut dan anti lengket sangat nyaman digunakan. Sehingga tidak menyebabkan penyumbatan di pori-pori. Cocok bagi Anda beraktivitas di luar ruang.

Somethinc Copy Paste Tinted Sunscreen SPF 40

3. Somethinc Copy Paste Tinted Sunscreen SPF 40

Kandungannya berupa SPF 40 melindungi kulit dari paparan sinar UVA serta UVB secara maksimal. Tak hanya itu, ada juga kandungan skincare seperti allantoin dan hyaluronic acid menghidrasi serta menutrisi kulit.

Teksturnya ringan tidak menimbulkan penyumbatan di pori-pori, warnanya bisa membantu sempurna di kulit. Tidak perlu pakai foundation lagi, bebas beraktivitas dan percaya diri karena produknya bisa tahan hingga 12 jam.

BLP X Avoskin Multipurpose Tinted Sunscreen

4. BLP X Avoskin Multipurpose Tinted Sunscreen

Memiliki fungsi sunscreen sekaligus base makeup maksimal. Sebab, dilengkapi dangan kandungan SF 50 serta kandungan skincare.

Kandungan skincare septi Cica, BHA, niacinamide hingga squalane oil membuat kulit lebih sehat dan glowing sejak penanganan pertama kali.(*)

Artikel Terkait