Kartini Media
Ilustrasi bekerja dari rumah. Foto: iStock

Sederet Pekerjaan Tidak Perlu ke Kantor, Gajinya Fantastis!

Sejak pandemi Covid-19 melanda dunia selama dua tahun, konsep bekerja dari mana saja atau work from anywhere (WFA) semakin diminati banyak orang.

WFA atau disebut juga work from home (WFH) membuat para pekerja bisa leluasa bekerja di manapun di luar lingkungan kantor.

Bekerja dengan konsep tersebut dinilai sangat fleksibel dan tidak memakan waktu di dalam kantor. Bekerja dari rumah satu atau dua hari dalam seminggu tidaklah cukup.

Mereka juga menginginkan kebebasan untuk bekerja dari berbagai kota dan negara di waktu senggang mereka. Jarak tidak dihiraukan lagi untuk bekerja dengan konsep tersebut.

Namun, usai pandemi Covid-19 diikuti dengan sepi penawaran pekerjaan dengan konsep tersebut. Mulai Desember 2023, lowongan kerja untuk pekerjaan jarak jauh kurang dari 10 persen.

Sebelumnya, konsep WFA sempat banyak ditawarkan banyak perusahaan. Bahkan jumlahnya pernah mencapai angka tertinggi mencapai 20,6 persen pada Maret lalu.

Meski begitu masih ada beberapa industri membuka lapangan pekerjaan bagi mereka yang ingin kerja dari mana saja. Mulai dari teknologi, pemasaran hingga pekerjaan manajemen

Menurut FlexJobs, sebuah platform pencarian kerja jarak jauh menyatakan bahwa pekerjaan seperti itu memang jarang ditemukan dan semakin kompetitif untuk didapatkan, hanya terhitung sekitar 5 persen dari semua peran jarak jauh.

Sebagian besar pekerjaan jarak jauh memiliki persyaratan geografis, terutama karena peraturan negara bagian dan federal menentukan perusahaan bisa mempekerjakan orang dan menjalankan bisnis.

"Organisasi di sejumlah industri membutuhkan talenta teknologi yang bisa membantu mereka berinovasi dan mengikuti perubahan yang cepat dan perekrutan jarak jauh bisa membantu mereka memperluas jumlah pelamar," kata Pakar Karier Utama FlexJobs, Toni Frana, dikutip dari CNBC Internasional

FlexJobs merilis 10 pekerjaan teratas untuk lowongan pekerjaan bisa diselesaikan di mana pun tanpa perlu ke kantor, dari lokasi mana saja, dikutip dari CNBC Internasional:

  1. Senior Software Engineer, gaji: USD126,956 atau sekitar Rp2 miliar
  2. Product Manager, gaji: USD106,525 atau Rp1,6 miliar
  3. Senior Product Designer, gaji: USD128,618 atau sekitar Rp2 miliar
  4. Senior Product Marketing Manager, gaji: USD135,558 atau Rp2,1 miliar
  5. Engineering Manager, gaji: USD121,560 atau Rp1,9 miliar
  6. Senior DevOps Engineer, gaji: USD129,515 atau Rp2,05 miliar
  7. Senior Data Engineer, gaji: USD128,783 atau Rp2,04 miliar
  8. Senior Project Manager, gaji: USD104,496 atau Rp1,6 miliar
  9. Regional Sales Director, gaji: USD109,268 atau Rp1,7 miliar
  10. Senior Machine Learning Engineer, gaji: USD155,722 atau Rp2,4 miliar.(*)

Artikel Terkait